-->

5 Makanan Ini Bisa Membahayakan Balita

Rasa penasaran Balita terhadap makanan biasanya bertambah seiring masa pertumbuhannya. Mereka sangat bersemangat untuk mencicipi berbagai makanan, terutama yang dikonsumsi orangtuanya.
Memperkenalkan ragam rasa dan makanan memang sangat baik untuk lidah balita. Tapi ingat ya, tidak semua makanan aman dikonsumsi si kecil. Beberapa makanan bisa menimbulkan masalah seperti tersedak, keracunan dan alergi. Sebaiknya hindari memberikan berikut pada buah hati.

Susu rendah lemak
Anak membutuhkan lemak dan kalori yang berasal dari susu untuk pertumbuhannya. Untuk itu hindari memberikan susu rendah emak pada balita. Pilih saja susu segar atau susu tawar dalam kemasan.

Makanan dengan potongan besar
Makan makanan dengan potongan besar, bisa meningkatkan risiko anak tersedak. The American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan memotong makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil dengan ukuran tidak lebih dari 1/2 inci sebelum diberikan kepada anak.

Sayuran mentah
Sangat dianjurkan untuk memasak dulu sayuran sebelum diberikan kepada balita. Anda bisa mengukusnya sebentar untuk membuatnya lebih lunak dan mematikan bakteri berbahaya. Jangan lupa untuk memotong sayuran agar memudahkan anakmengonsumsinya.

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Buang biji dari buah seperti semangka, jeruk dan apel sebelum disajikan untuk si kecil. Hindari memberi makanan berupa biji-bijian seperti kuaci, karena ukurannya sangat kecil dan bisa membuat anak tersedak.

Makanan yang lengket
Permen karet, jelly, dan marshmallow merupakan jenis makanan yang memiliki tekstur lengket. Tidak dianjurkan untuk memberikan makanan tersebut pada anak di bawah lima tahun. Teksturnya yang lengket, jika dikonsumsi pada anak yang belum terampil mengunyah bisa berbahaya.

Sumber:  Baby Center dan dream.co.id

0 Response to "5 Makanan Ini Bisa Membahayakan Balita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel