-->

Ujian Nasional Tahun 2017 Ditiadakan

ahun 2017 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana akan meniadakan Ujian Nasional (UN). Kepastian kebijakan itu tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
" Ya pokoknya tahun depan nggak ada UN, tahun depannya dipertimbangkan lagi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi kepada Dream, Jumat, 25 November 2016.
Menurut Muhadjir, UN untuk sementara waktu akan diganti dengan ujian sekolah biasa. Sebagai bentuk desentralisasi, Kemendikbud akan menyerahkan pelaksanaan UN dari tingkat pusat ke daerah.
" UN nantinya di bawah tanggung jawab pemerintah provinsi untuk SMA dan SMK, untuk SD dan SMP menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten atau kota. Kemendikbud hanya sebatas membuat regulasi dan nanti mengawasi penyelenggaraannya. Sedangkan standarnya ujiannya menggunakan standar Badan Nasional Standar Pendidikan," ujar dia.
AMuhadjir beralasan, moratorium UN ditempuh karena ujian kompetensi tingkat nasional tersebut hanya untuk memetakan persoalan pendidikan.
" Fungsi UN hanya untuk pemetaan saja, masa memetakan kok tiap tahun. Yang terpenting kan hasil pemetaan itu dijadikan sebagai dasar kebijakan dalam rangka memperbaiki kinerja sekolah-sekolah yang ada terutama sekolah2 dalam standar nasional, yang jumlahnya sekitar 70 persen," ucap dia.
Nantinya, Muhadjir berjanji nantinya soal yang diberikan kepada siswa pun tak akan membuat siswa kesulitan. Lantas apakah nantinya UN akan benar-benar dihapuskan?
" Kalau menurut Anda gimana? Kalau Anda ngikut, Ya sudah saya juga ngikut Anda saja. Hehe," ucap dia.

Sumber:  http://www.dream.co.id

0 Response to "Ujian Nasional Tahun 2017 Ditiadakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel